INTERNET  

Diposting oleh Blog Tugas

        Internet adalah alat yang digunakan sebagai sumber informasi. Pertama kali digunakan dikalangan militer 1969an yaitu ARPANET. Secara umum menggunakan satu protokol yaitu http://
kenapa digunakan satu protokol ??? karena agar komputer satu dengan yang lain agar dapat berkomunikasi diperlukannya protokol (bahasa yang digunakan komputer satu dengan yang lainnya), yang disebut sebagai bahasa bahasa komunikasi.

Protokol dipecah menadi beberapa bagian, terganting yang mau dipakai. ang sering dipakai adalah http:// (hiper text transver protokol). Http (untuk membuka halaman yang dituju). Contohnya : http://.facebook.co.id

Contoh-contoh layanan di Internet

  • Email (electronic mail)
  • Telnet memungkinkan seseorang untuk masuk ke komputer lain dimanapun komputer itu barada asalakan tetap berada dalam jaringan internet. Remote Dekstop merupkan pengembangan telnet terbaru.

Kelebihan Internet dan Non-Internet
  • Email : lebih cepat dari surat biasa, tidak seperti tallephon dimana lawan bicara  kita tidak harus berada ditempat pada waktu yang bersamaan. Tidak seperti fax (tidak bisa di edit)
  • FTP : bisa bertukar data dari tempat manapun dan memiliki tingkat keamanan

RSS (Realy Simple Sindycation)
      RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
  • Rich Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


W3C (World Wide Wab Consoursetium)
        The World Wide Web Consortium (W3C) adalah organisasi standar internasional utama untuk World Wide Web (disingkat WWW atau W3). Didirikan oleh Tim Berners-Lee di MIT dan saat ini dipimpin oleh-Nya, [2] konsorsium terdiri dari organisasi anggota yang mempertahankan staf penuh waktu untuk tujuan bekerja sama dalam pengembangan standar untuk World Wide Web. Pada tanggal 10 Juli 2011, World Wide Web Consortium (W3C) memiliki 317 anggota. W3C juga bergerak di bidang pendidikan dan penjangkauan, mengembangkan perangkat lunak dan berfungsi sebagai forum terbuka untuk diskusi tentang Web.

This entry was posted on 05.18 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar